Minggu, 28 April 2013

SISTEM TERDISTRIBUSI



SISTEM TERDISTRIBUSI 


DISUSUN
   O
   L
E
H
                     NAMA              : IRWANDI, S.Kom
                     NIM                  : 1005020098
                     DOSPEN          : Rachmat Hidayat, M.Cs




FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS AL-MUSLIM MATANG GLUMPANG DUA
KABUPATEN BIREUEN
TAHUN 2013






SOAL dan JAWABAN

1.        Mengapa diperlukan Sistem Terdistribusi? jelaskan dengan rinci
Karena Sistem distribusi adalah sebuah sistem yang komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berkomunikasi dan melakukan koordinasi hanya dengan pengiriman pesan (message passing). Sistem terdistribusi merupakan kebalikan dari Sistem Operasi Prosesor Jamak. Pada sistem tersebut, setiap prosesor memiliki memori lokal tersendiri. Kumpulan prosesornya saling berinteraksi melalui saluran komunikasi seperti LAN dan WAN menggunakan protokol standar seperti TCP/IP. Karena saling berkomunikasi, kumpulan prosesor tersebut mampu saling berbagi beban kerja, data, serta sumber daya lainnya. Sistem terdistribusi dapat dikatakan sebagai suatu keberadaan beberapa komputer yang bersifat transparan dan secara normal, setiap sistem terdistribusi mengandalkan layanan yang disediakan oleh jaringan komputer.

2.        Sebutkan Karakteristik Sistem Terdistribusi
  • Concurrency (Konkurensi)
Yang dimaksud dengan concurrency (sistem atau program yang berjalan bersama-sama) disini adalah suatu karakteristik yang dimiliki oleh sistem terdistribusi dimana sifatnya setiap komputer/aplikasi dapat melakukan pekerjaan masing-masing tanpa terjadi konflik diantaranya. Hal yang wajar apabila proses eksekusi program harus berjalan secara konkuren. Melakukan koordinasi konkurensi terkadang diperlukan juga untuk mengatur layanan seperti file sharing.
·         Tidak ada / Keterbatasan Global Clock
Setiap komputer memiliki clock yang berbeda dalam sistem terdistribusi. Agar tidak terjadi konflik maka diperlukan koordinasi agar tidak terjadi konflik clock antar komputer. Saat program membutuhkan koordinasi antarkomputer, dilakukan proses pertukaran pesan antarkomputer.
·         Kegagalan Independent (Independent failures of component)
Komputer/sistem dapat mengalami kegagalan atau kerusakan. Akan sangat merepotkan apabila kerusakan pada 1 komputer atau 1 sistem akan mempengaruhi semua komputer/sistem. Oleh karena itu apabila terdapat komponen yang rusak atau gagal, kerusakan tidak meyebar ke komponen lainnya. Hal ini juga menyebabkan adanya kegagalan proses tunggal yang bisa tidak diketahui.

3.        Sebutkan dan jelaskan Tantangan Sistem Terdistribusi?
v  Heterogenity
Sistem terdistribusi tersusun atas beberapa jenis jaringan, yang tentunya memiliki perbedaan di antaranya. Selain itu, sistem ini juga terdiri atas sistem operasi, perangkat keras, dan bahasa pemrograman yang berbeda pula. Dengan internet protokol, diharapkan perbedaan-perbedaan itu dapat diatasi karena menggunakan protokol yang sama.
v  Openess
Sistem terdistribusi harus bisa diperluas, yakni dengan langkah pertama berupa memperkenalkan antarmuka komponennya. Akan tetapi, kesatuan dari komponen-komponen tersebut menajdi tantangan yang dihadapi.
v  Security
Untuk mengamankan informasi, dapat dilakukan dengan metode enkripsi. Enkripsi ini dapat membantu menyediakan perlindungan yang cukup terhadap sesumber yang dapat diakses pengguna di mana saja. Enkripsi tersebut dapat menjaga data-data rahasia tetap aman saat dikirim melalui jaringan. Salah satu masalah utama yang ada mengenai hal itu adalah denial of service.

v  Scalability
Sebuah sistem terdistribusi dapat diperbesar jika biaya penambahan user tidak terlalu besar atau masih berada dalam jumlah yang stabil. Algoritma untuk mengakses data harus menghindari efek bottleneck. Selain itu, data juga distrukturisasi secara hierarkis agar dapat diakses dalam waktu yang singkat saja

v  Failure Handling
Setiap proses dapat mengalami kegagalan. Kegagalan itu bisa terjadi secara bersama atau hanya sebagian komponen dari sebuah sistem. Maka, setiap komponen dalam sistem, dalam hal ini sistem terdistribusi, harus bisa mewaspadai kemungkinan kegagalan itu dan bisa menyelesaikannya, bila kejadian itu terjadi.

v   Concurrency
Adanya beberapa user sekaligus dalam sistem terdistribusi dapat menjadi peminta request ke sesumber yang disediakan server. Dalam lingkunga yang konkuren, setiap sesumber harus didesain menjadi aman untuk diakses.

v  Transparency
Beberapa sudut dari sistem terdistribusi memang dibuat tidak terlihat agar programmer dapat fokus pada desain aplikasi yang mereka kembangkan. Bahkan, adanya kesalahan dalam jaringan dan proses pun dapat dipresentasikan terhadap programmer dalam bentuk eksepsi saja. Akan tetapi, hal ini tetap harus dapat diatasi oleh programmer tersebut.

4.    Apa yang dimaksud dengan komunikasi data?
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel coaksial, fiber optic (serat optic) , microware dan sebagainya. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet Komunikasi data merupakan gabungan dari beberapa teknik pengolahan data. Dimana telekomunikasi dapat diartikan segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari satu titik ke titik lain. Sedangkan pengolahan data adalah segala kegiatan yag berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi yang berguna bagi user. 

5.     Sebutkan komponen Komunikasi data dan gambarkan
Komponen Komunikasi Data
  • v  Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data, berupa komputer, alat lainnya seperti  handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
  • v  Penerima, adalah piranti yang menerima data, juga bisa berupa komputer, alat lainnya  seperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
  • v  Pesan / Data, adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka,  gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
  • v  Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
  • v  Protokol, adalah aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi. Tanpa protocol, dua alat atau lebih mungkin saja bisa saling terhubung tetapi tidak dapat saling berkomunikasi, sehingga message yang dikirim tidak dapat diterima oleh alat yang dituju.

Gambar Ilustrasi Komunikasi Data
 
6.        Jelaskan apa yang dimaksud dengan protocol, komponen, fungsi, susunan protocol, gambarkan model OSI layer?
a.    Protocol merupakan serangkaian aturan yang mengatur unit fungsional agar komunikasi bisa terlaksana. Misalnya mengirim pesan , data, dan informasi. Protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama. Secara umum fungsi dari protocol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar dengan kehandalan yang tinggi.
b.    Fungsi protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar.


c.    Komponen Protokol        
v Aturan atau prosedur
   Mengatur pembentukan/pemutusan hubungan
 Mengatur proses transfer data
v Format atau bentuk
    Representasi pesan
v Kosakata (vocabulary)
 
  Jenispesan dan makna masing-masing pesan

d.   Susunan Protokol
       
Protokol jaringan disusun oleh dalam bentuk lapisan-lapisan (layer). Hal ini mengandung arti supaya jaringan yang dibuat nantinya tidak menjadi rumit. Di dalam layer ini, jumlah, nama, isi dan fungsi setiap layer berbeda-beda. Akan tetapi tujuan dari setiap layer ini adalah memberi layanan ke layer yang ada di atasnya. Susunan dari layer ini menunjukkan tahapan dalam melakukan komunikasi. Antara setiap layer yang berdekatan terdapat sebuah interface. Interface ini menentukan layanan layer yang di bawah kepada layer yang di atasnya. Pada saat merencanakan sebah jaringan, hendaknya memperhatikan bagaimana menentukan interface yang tepat yang akan ditempatkan di antara dua layer yang bersangkutan.
Gambaran Umum dari OSI Model




7.  Jawab dengan benar
a. Apa yang dimaksud dengan Remote Procedure Call (RPC) .
b. kelebihan Remote Procedure Call (RPC)
c. kekurangan Remote Procedure Call (RPC)
d. gambarkan dan jelaskan Prinsip RPC dalam program Client-Server.
e. Sebutkan dan Jelaskan Langkah-langkah dalam RPC
a.  Remote Procedure Call (RPC) adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa adanya eksekusi kode pada sistem yang jauh ( remote system ). RPC mengasumsi keberadaan dari low-level protokol transportasi seperti TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam komunikasi suatu program. Protokol RPC dibangun diatas protokol eXternal Data
b.  Kelebihan RPC
- Relatif mudah digunakan : Pemanggilan remote procedure tidak jauh berbeda    dibandingkan pemanggilan local procedure. Sehingga pemrogram dapat berkonsentrasi pada software logic, tidak perlu memikirkan low level details seperti socket, marshalling & unmarshalling.
- Robust (Sempurna): Sejak th 1980-an RPC telah banyak digunakan dlm pengembangan mission-critical application yg memerlukan scalability, fault tolerance, & reliability.
c. Kekurangan RPC
- Tidak fleksibel terhadap perubahan: hubungan anatara client dan server bersifat static
- Berdasarkan prosedural/structured programming yang sudah ketinggalan jaman   dibandingkan OOP.
- Kurangnya location transparency
- Misalnya premrogram hanya boleh melakukan pass by value, bukan pass by reference.
- Komunikasi hanya antara 1 klien & 1 server (one-to-one at a time).
- Komunikasi antara 1 klien & beberapa server memerlukan beberapa koneksi yg terpisah.

 d.  Gambar Prinsip  RPC



Prinsip Dasar RPC
Skema RPC ini dilakukan juga pada proses-proses yang running di komputer  berlainan
v  ƒ Sebelum mekanisme RPC digunakan, data  harus di-packaging ke dalam formattransimisi. Langkah ini dinamakan marshalling
v  ƒProxy bertanggung jawab untuk marshalling data, kemudian mengirimkan data
v  dan meminta instans dari komponen (remote)
v  ƒStub menerima request, unmarshall data, dan memanggil method yang diminta. Kemudian proses mengembalikan nilai yang diinginkan 
e. Langkah-langkah dalam RPC
1. Prosedur client memanggil client stub
2. Client stub membuat pesan dan memanggil OS client
3. OS client mengirim pesan ke OS server
4. OS server memberikan pesan ke server stub
5. Server stub meng-unpack parameter-parameter untuk memanggil server
6. Server mengerjakan operasi, dan mengembalikan hasilnya ke server stub
7. Server stub mem-pack hasil tsb dan memanggil OS server
8. OS server mengirim pesan (hasil) ke OS client
9. OS client memberikan pesan tersebut ke client stub
10. Client stub meng-unpack hasil dan mengembalikan hasil tersebut ke Client

8. Jelaskan dengan detail tentang Socket
a. definisi
b. type socket
c. operasi socket
d. Stream Socket lifetime


A.    Defenisi Socket
Definisi tentang socket sebagai berikut
·           Mengizinkan suatu proses unik untuk berkomunikasi satu dengan yang lain
·           Memberitahukan proses mana untuk menulis atau membaca
·           Komunikasi pada mesin yang sama,  jaringan dan lnternet
·           Komunikasi dua arah membuatnya cocok untuk model client server
·           Dibentuk tahun 1980 oleh Berkeley Unix Distribution
B.     Type socket

·      Stream socket adalah komunikasi continous stream dari karakter (menggunakan protokol TCP)
·      Datagram socket adalah pembacaan seluruh pesan dengan segera (menggunakan protokol UDP

C. operasi socket
a)      Socket dapat melakukan operasi:
b)      Koneksi ke mesin remote (connect)
c)      Mengirim data(send)
d)      Menerima data (receive)
e)      Mentutup koneksi (close)
f)       Bind to a port (bind), khusus server
D. Stream socket adalah komunikasi continous stream dari karakter (menggunakan protokol TCP)

9.  Jelaskan yang terperinci tentang distributed object

Distributed object Istilah biasanya mengacu pada modul perangkat lunak yang dirancang untuk bekerja sama, namun berada baik di beberapa komputer terhubung melalui jaringan atau dalam proses yang berbeda dalam komputer yang sama. Satu objek mengirim pesan ke objek lain di mesin remote atau proses untuk melakukan beberapa tugas. Hasilnya dikirim kembali ke obyek memanggil.
Istilah ini juga dapat merujuk pada umumnya salah satu ekstensi dari konsep objek dasar yang digunakan dalam konteks komputasi terdistribusi, seperti objek direplikasi atau objek terdistribusi hidup.

10. Jelas kan secara rinci pendapat anda tentang system terdistribusi
Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu.sistem terdistribusi adalah sebuah sistem dimana komponen software atau hardware-nya terletak di dalam jaringan komputer dan saling berkomunikasi menggunakan message passing (Message passing adalah sebuah teknik untuk melakukan sinkronisasi dan komunikasi antara proses-proses yang saling berinteraksi). Ada juga yang mengatakan Sistem Terdistribusi adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang terdapat di dalam sebuah jaringan komputer. Komponen-komponen tersebut saling berinteraksi dan berkomunikasi hanya dengan melalui pengiriman pesan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar